Sunday, February 7, 2016

19 Cara Memperbaiki Data Dapodik Versi 411 yang Tidak Valid

19 Cara Memperbaiki Data Dapodik Versi 411 yang Tidak Valid


Hallo teman-teman Operator Dapodik, dalam kesempatan yang baik ini saya akan berbagi bagaimana Cara Memperbaiki Data Dapodik yang Tidak Valid, ketika kita cek validasi di halaman beranda Dapodik, mungkin masih banyak data terdapat data invalid, jika memang demikian data yang selama ini di kirim masih jauh dari harapan, karna semakin sedikit data invalid maka akan semakin baik kualitas data. lalu bagaimana solusinya ?
19 Cara Memperbaiki Data Dapodik versi 411 yang Tidak Valid

Berikut ini 19 Cara Memperbaiki Data Dapodik yang Tidak Valid, Coba perhatikan :

  1. Nama Peserta Didik Kosong atau tanpa huruf vocal
    Cek kembali nama Peserta didik di tabel utama pada aplikasi dapodik bila ditemukan nama yang tidak sesuai lakukan editing data.
    Setelah selesai lakukan sinkronisasi agar data di server berubah
  2. Nama Peserta Didik dengan tanda baca atau symbol
    Cek kembali nama Peserta didik di tabel utama pada aplikasi dapodik bila ditemukan nama yang ada tanda baca atau simbolnya lakukan editing data, Setelah selesai lakukan sinkronisasi agar data di server berubah.
  3. Belum pernah sinkron
    Sekolah belum pernah melakukan sinkronisasi atau pengiriman data ke server, sehingga data deserver kosong.
  4. Belum sinkron 20142
    Login ke aplikasi dapodik pilih periode Genap 2014/2015 cek kembali data-datanya klik validasi dan lakukan sinkronisasi
  5. Sinkron terakhir = 20132
    Sekolah terkahir melakukan sinkronisasi pada periode genap 2013/2014, lakukan updateing aplikasi dapodik, cek datanya dan lakukan sinkronisasi agar validasinya hilang
  6. Sinkron terakhir < 20132
    Sekolah terkahir melakukan sinkronisasi pada periode ganjil 2013/2014, lakukan updateing aplikasi dapodik, cek datanya dan lakukan sinkronisasi agar validasinya hilang
  7. Rombel tanpa wali kelas
    Login ke aplikasi dapodik klik rombongan belajar cek setiap rombel bila ditemukan rombel tanpa wali kelas silahkan edit, setelah selesai sinkronkan datanya
  8. Bukan pelaksana Kurikulum 2013 – pilihan kurikulm salah
    Sekolah bukan merupakan pelaksana kurikulum 2013 akan tetap memilih kurikul 2013, maka sekolah harus mengubah kurikulum yang digunakan pada aplikasi dapodik dengan mengubahnya ke Kurkulum KTSP.
  9. Status honor mengisi pangkat dan golongan
    Masuk ke aplikasi dapodik pilih tabel PTK, pilih PTK honorer yang terdeteksi memiliki pangkat dan golongan klik ubah cek di tabel Riwayat Kepangkatan bila terisi silahkan hapus datanya.Lakukan sinkronisasi agar data perubahannya terkirim ke server dapodikas.
  10. PNS pangkat dan golongan kosong
    Masuk ke aplikasi dapodik pilih tabel PTK, pilih PTK PNS yang terdeteksi pangkat dan golongan kosong klik ubah cek di tabel Riwayat Kepangkatannya lengkapi data kepangkatannya sesuai dengan SK Kepangkatan yang dimiliki oleh PTK tersebut.Lakukan sinkronisasi agar data perubahannya terkirim ke server dapodikas.
  11. PNS NIP kosong
    Masuk ke aplikasi dapodik pilih tabel PTK, pilih PTK PNS yang terdeteksi NIP kosong klik ubah cek data PTK pada kepegawaian lalu cek NIP nya lengkapi data NIP sesuai dengan data yang dimiliki oleh PTK tersebut.
    Lakukan sinkronisasi agar data perubahannya terkirim ke server dapodikas.
  12. Nama PTK Kosong atau tanpa hurup vocal
    Cek kembali nama PTK di tabel utama pada aplikasi dapodik bila ditemukan nama yang tidak sesuai lakukan editing data
    Setelah selesai lakukan sinkronisasi agar data di server dapodik berubah
  13. Nama PTK dengan tanda baca atau symbol
    Cek kembali nama PTK di tabel utama pada aplikasi dapodik bila ditemukan nama yang ada tanda baca atau simbolnya lakukan editing data
    Setelah selesai lakukan sinkronisasi agar data di server dapodik berubah
  14. Usia PTK tidak wajar
    Masuk ke aplikasi dapodik pilih tabel PTK, pilih PTK yang terdeteksi memiliki usia tidak wajar, klik ubah cek data PTK pada data tanggal lahirnya ubah tanggal lahirnya diaplikasi dapodik lengkapi datanya sesuai dengan data yang dimiliki oleh PTK tersebut.
    Lakukan sinkronisasi agar data perubahannya terkirim ke server dapodikas.
  15. Kepala sekolah belum dipilih
    Bila pada beranda aplikasi dapodik terdeteksi Kepsek belum dipilih maka cek ditabel PTK klik nama PTK yang menjabat sebagai kepala sekolah lalu cek tugas tambahan ptk tersebut bila masih kosong silahkan isi sesuai dengan sk kepala sekolahnya.

    Bila tugas tambahan sudah terisi tapi masih tervalidasi cek diisi table tugas tambahan pada kolom ‘TST’ bila terisi artinya terhitung selesai tugas berarti sudah tidak menjabat sebagai kepala sekolah maka hapus TST tersebut setelah itu refresh / tekan ctrl+f5 lalu cek dibranda ya.
  16. Bentuk pendidikan salah
    Bila terdeteksi bentuk pendidikan salah hubungi dinas kab/kota setempat atau menghubungi cs pusat agar dirubah sesuai dengan kondisi disekolah. Setelah diperbaiki silahkan sinkronisasi agar data yang telah dirubah dapat turun ke aplikasi.
  17. Status sekolah salah
    Bila terdeteksi status sekolah salah hubungi dinas kab/kota setempat atau menghubungi cs pusat agar dirubah sesuai dengan kondisi disekolah. Setelah diperbaiki silahkan sinkronisasi agar data yang telah dirubah dapat turun ke aplikasi.
  18. Kenapa di progres pengiriman Rombel berganda?
    Lakukan generate prefill ulang dan hapus rombongan belajar yang tidak sesuai dengan SK KBM yang di serahkan oleh kepala sekolah, lalu syncronisasi kan kembali data yang sudah benar.
  19. Kenapa di progres pengiriman peserta didik berganda?
    Lakukan generate prefill ulang dan hapus peserta didik yang bukan siswa sekolah tersebut atau berganda, lalu syncronisasikan kembali data yang sudah benar dan cek kembali hasil pengiriman untuk memastikan pengririman berhasil.

    Semoga artikel ini membantu
Download disini bagi teman teman yang butuh Aplikasi Dapodik Versi 411 
Sumber : Tim Dapodik Pusat
link activesearchresults
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments