Wednesday, February 17, 2016

Ini Solusi Agar Riwayat Pendidikan Formal dan Sertifikasi yang Tidak Muncul di Dapodik Bisa diisi


Riwayat Pendidikan dan Sertifikasi merupakan elemen penting yang harus diisi oleh operator dapodik, karena pentingnya 2 riwayat ini menjadi syarat ke validan data Guru, tanpa data yang valid di riwayat ini di pastikan guru tidak akan menerima Tunjangan, Baik Tunjangan Profesi Guru (Sertifikasi), Insentif Guru maupun Tunjangan Kualifikasi bagi guru yang melanjutkan ke jenjang S1.

Adakalanya Riwayat PTK tersebut tidak muncul di Aplikasi Dapodik, Lucunya ada teman-teman Operator yang Curhat bahwa Aplikasi nya tidak sempurna atau ada juga yang bilang kalau aplikasinya belum lengkap, bisa marah tuh mas Edi Vanhoten hehe

Bahkan Sampai Ada yang kirim Screenshot Seperti ini : (Namuns setelah di Kasih tau Caranya seperti ini, Data Dapodiknya bisa di isi Lengkap).




Saya Mengidentifikasi beberapa penyebab kenapa Riwayat Pendidikan Formal dan Riwayat Sertifikasi Tidak Muncul :


1. Browser Tidak Update

Salah satu penyebabnya adalah ini broses yang jadul, sehingga mengakibatkan aplikasi tidak terbuka secara sempurna.
bagi yang belum tau apa itu Browser? Browser atau peramban Web merupakan Perangkat Lunak yang menjadi tempat berselancar di dunia maya (internet) seperti Goole Chrome, Mozilla, Baidu, Internet Explorer, dan banyak lagi).

Baca Juga : Cara Buka Dapodik di Browser Lain

2.Crash Aplikasi

Crash Aplikasi Dapodik ini maksudnya, terjadi kerusakan perangkat lunak ketika mendownload Dapodik di Karenakan Jaringan yang kurang Lancar, atau di saat menginstal Aplikasi di serang oleh virus yang sudah bersembunyi di Laptop anda.


Solusi 


1.Update browser atau Peramban Web

Ada Beberapa Cara untuk Update Browser :
- Google Chrome : Lihat tanda baris tiga di samping kanan atas browser anda kemudian Klik Help - About Google Chrome

- Mozilla Firefox : Klik help - About Firefox 




2. Tekan Tab (Cara paling Gampang)

Gak usah dulu Update Browser cukup lakukan cara sederhana di Bawah ( Karena Update Browser Lama).



Tampilan Normal nya ada Tanda Panah seperti yang di Lingkari diatas (Ada tanda Panah), Jika Tampilan Tidak Normalnya (Tidak Ada tanda Panah) seperti Gambar di Bawah.



Penting !!! Jika Menemukan Hal Semacam Ini solusinya Klik di Riwayat gaji Berkala, Kemudian TEKAN TAB di KEYBOARD, Maka riwayat akan bergeser ke Kanan seperti Gambar di Bawah ini, sehingga seluruh Riwayat PTK bisa di isi.

Semoga Panduan Sederhana ini bisa Membantu.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments